Skip navigation

Pagi ini, sesaat setelah bercengkrama dengan seorang sahabat, tiba-tiba tergerak untuk mencari arti “Persahabatan” versi Wikipedia dan menemukan…..

Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah “persahabatan” menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:

* kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain.
* simpati dan empati.
* kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran.
* saling pengertian.

Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.

Disiplin-disiplin utama yang mempelajari persahabatan adalah sosiologi, antropologi dan zoologi. Berbagai teori tentang persahabatan telah dikemukakan, di antaranya adalah psikologi sosial, teori pertukaran sosial, teori keadilan, dialektika relasional, dan tingkat keakraban.

Sumber Dari: Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Backsound: especially for you – mymp (bikin makin melo, klo ga percaya cobain deh) hehehe…

Advertisements

5 Comments

  1. saya salah satu manusia yang tergolong memiliki teman itu-itu aja atau 4L lo lagi lo lagi, memang sudah sejak saya menyelsesaikan sma yaitu tahun 1998 sejak sekarang teman saya ya itu-itu aja, mungkin itu yang di sebut kamu sahabat…tidak pernah pergi atau berpaling ngejogrog teruss.. hi hi hi

    • iya, saya juga termasuk orang yang awet kalo temenan, temen tk, sd masih berhubungan sampe sekarang..
      btw, salam kenal, thanks udah mampir 🙂

  2. persahabatan bagai kepompong…hadapi teman maklumi perbedaan(lho ko nyanyi..)bener..bener..hihihi..
    salam adhe..lama gada kabarnya eh, taunya dah di Aceh..awas tsunami lg lho..(mengingat lempeng eurasia masih blm stabil (lho kok ke geologi sih…hihihi).could u remember me?
    pizzz….jul

    • halo julianus nice to meet you here..
      makasih kunjungannya..

      iya euy, aku udah mo 4 tahun di Aceh, kamu apa kabar? udah jadi geologyst sejati nih kayaknya..

      tentu saja aku masih inget.. kan julianus satu2nya orang yang pernah menggeser kedudukanku dimasa jaya2nya dulu hahaha…

      piss yo… just kidding..

  3. 🙂 😛 😀


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: