Skip navigation

Bagian Keempat (terakhir)

 

  • Kalo liat standar kamar yang aku tempatin sih, emang bener mustinya yang hadir di acara ini setingkat Dirjen.  Abis kamarnya guede dan lengkap dengan fasilitas home theater, dapur, ruang makan, ruang tamu. Asiknya lagi di kamar ku ini terdiri dari 2 kamar, yang satu twin bed dan satu lagi master bed dan ini cuma buatku sendiri. Hmm.. rasanya ga berlebihan kalo aku bilang ini kamar setaraf dengan apartemen yang dijual oleh agung sedayu group yang harganya tiap minggu naik itu hihihi.. ah.. nikmatnya hidup…
  • Oiya, karena pas nyampe kamar udah jam 1 malam, aku langsung beberes.. ya mandi ya beresin baju trus sebelum tidur pasang weker buat sahur. Bener-bener capek dan sukses telat sahur. Baru kebangun jam 6 pagi, kyaaa… terpaksa puasa tanpa sahur deh… puasa hari terakhir nih.. 
  • Esoknya, saatnya perjuangan di mulai. Acara dimulai jam 09.00 tapi karena aku belum dapat jadwal, jam 08.00 udah duduk manis diruangan. Panitia dan pihak hotel masih beberes layout dan cek sound.  Bener-bener berasa SENDIRI, ga ada satupun yang aku kenal sampai akhirnya ada yang negur, eh ternyata si bapak itu orang APT yang selama ini email-email an ama aku. Alhamdulillah, si bapak itu ramah banget dan dia mau berbaik hati mengenalkan aku ke peserta lain. Sambutannya bikin hati plong, paling ga ada perasaan dianggap di komunitas high ini. fiuuh… 
  • Ah iya, tau kah kalian kalau saat aku lihat jadwal yang dibagikan oleh panitia ternyata oh ternyata jadwal presentasiku hari ini, hari pertama. Untungnya di sesi kedua, jadi masih ada waktu buat ngatur emosi hahaha….
  • Saat peserta udah pada ngumpul, ternyata posisi duduknya diatur gitu, dan Indonesia berada diurutan paling depan barengan dengan peserta dari Kamboja dan Jepang. Bapak-bapak yang dari kamboja tampak kurang terbuka, jadi aku juga agak males basa-basi. Tapi yang dari jepang orangnya baik banget. Namanya pak Sakuda, dia banyak tanya tentang perbandingan cewek cowok di kantor ku. Menurutnya sih di Jepang itu minim sekali cewek untuk bidang telekomunikasi. Setelah ngobrol ini itu aku baru nyadar kalo ternyata peserta cewek satu-satunya di acara ini ya cuma aku. Errrkkk…
  • Akhirnya saatnya aku presentasi datang juga, stel yakin aja deh, what will be will be. Pede aja, bismillah…  Alhamdulillah semuanya lancar, pertanyaan dari peserta lain juga bisa aku jawab.  Ya iyalah.. persiapan bahannya kan udah 1 bulan hehehe…
  • Setelah selesai presentasi tentu aja perasaannya legaaaa banget. Tinggal menikmati acara selanjutnya. Oiya, malamnya seluruh peserta dapat undangan makan malam dari DOTC. Judulnya welcome dinner gitu deh.. 
  • Sebelum datang ke acara makan malam, aku makan dulu di kamar. Judulnya buka puasa dong ah…  menikmati bontotan rendang plus teri sambel dari mamak, nikmat tiada dua… Karena kekenyangan, pas acara makan malam aku ga makan nasi lagi. Lagian ga yakin kalau makanannya halal. Ya sud, akhirnya cuma menikmati kue-kue yang nikmattthhh itu deh.. nyam-nyam…  eiya, malam itu ada hiburan dari artis manila gitu. Artisnya cantik sih, tapi asli jual tampang doang, suaranya standar dan bisanya cuma joget2 ga jelas. Dewi persiknya sana kali ya… ah membosankan sekali.. dimana2 sama aja…  malam itu satu hal yang merisaukan hati adalah kyaa.. udah malam.. ini hari gue belum kemana-mana iniiiiih…. huhuhuhu… 
  • Pas balik ke kamar dan sholat isya baru nyadar kalo di Indonesia malam ini adalah malam takbiran. Pasti rame banget disana..  beda banget ama disini (baca: di hotel dan sekitarnya), sama sekali ga berasa akan lebaran.  Akhirnya aku takbiran sendiri.. huwaa.. sedih banget, muka orang rumah kebayang satu-satu… kangen… mana sms juga ga berenti2 masuk buat ngucapin selamat lebaran. Hiks.. mendadak pengen pulang. Seandainya punya pintu kemana saja nya Doraemon…
  • Besok paginya, aku bangun pagi-pagi. Hari ini udah niat mau ikut sholat ied di KBRI. Tapi berhubung KBRI adanya di Makati City which is makan waktu setengah jam perjalanan dari hotel, mau ga mau musti cari info dulu dong. Akhirnya nelp KBRI buat tanya apa disana diadakan sholat ied tapi tau apa jawabannya?  Sholat idul fitri sudah di lakukan kemarin. OMG, ternyata di Manila itu lebaran nya 1 hari lebih cepat. Hiks.. untung ga langsung kesana. Fiuh..  Ya sud akhirnya aku ga jadi sholat ied. Coba nelp ke rumah ga nyambung-nyambung. Akhirnya cuma bisa sms an doang…. 
  • Seperti kemarin, hari ini acara mulai lagi dari jam 09.00 sampe dan baru selesai jam 17.00. Acaranya standar seminar lah, cuma dengerin orang2 pinter ngomong. Sharing ilmu dan pengalaman di negara masing-masing. Walau rada monoton, tp suasananya lumayan hidup soalnya pembicara di hari ke dua ini bener2 qualified, rata2 dari bagian RnD gitu, jadi ya emang kerjaan hari-hari nya bikin proyek besar buat early warning penanggulangan bencana yang bisa dipake diseluruh dunia. TOP bgt lah pokoknya…
  • Eiya, hari ini jadi lumayan berasa lebaran karena dapat ucapan selamat dari Bapak-bapak peserta dari Malaysia yang juga merayakan lebaran dan dari bapak-bapak APT yang ramah itu. Oiya namanya Rod Salvador (ga enak banget dari tadi cuma nyebut bapak2 dari APT hehehe..)
  • Hmm… ada kejadian unik.. ternyata hampir seluruh peserta sakit perut, keracunan makanan di acara makan malam itu.  Panitia, terutama Pak Rod bolak-balik nanyain apa perutku baik-baik aja dan mereka agak ga percaya pas aku bilang aku baik-baik aja. Sampai perlu dijelasin segala kalau aku ga makan nasi pas acara kmrn karena aku puasa dan berbuka duluan di kamar, baru deh mereka percaya kalau aku ga kenapa-napa. Sampe datang dokter dan perawat2 segala loh ke hotel… poor them… for me, Alhamdulillahirobbil’alamiin..
  • Nah, setelah jam 17.00 acara bebas. Aku yang udah gatel pengen jalan akhirnya memberanikan diri untuk keliling. Paling ga ke mall yang ga jauh dari hotel deh.. sekedar buat nyari oleh-oleh buat keluarga dan temen2… Awalnya sempat ragu mo pergi sendirian, abis di hotel ada warning gitu buat turis agar ga jalan2 sendirian.  Katanya sih agak2 ga aman gitu. Tapi berhubung kalau ga nekad ya ga kemana-mana akhirnya cuek aja jalan sendiri. Dekat ini… 
  • Yippie.. sukses deh keliling2 Pasig City (nama kawasan tempatku nginep), suasana kotanya ga jauh beda ama Jakarta. Nothing special deh..  masih mending Jakarta malah huhuhu… ah yang penting udah nemu oleh-oleh… *Indonesia banget yak*
  • Nyampe kamar langsung beresin bawaan, wew.. koper full banget… pasti kena over bagasi nih, alamak…
  • Besoknya aku bersemangat sekali, pagi-pagi waktu ketemu sama Leonor dia bilang mo ngajakin aku keliling Manila karena hari ini acaranya cuma setengah hari karena jadwal kunjungan ke Operator setempat di batalkan. Asiik…
  • Jadi deh sore itu aku berkeliling2 Manila sama Leonor. Ternyata ga semua peserta yang di ajak loh..  cuma peserta dari India dan Indonesia. Sisanya adalah panitia dari APT (namanya Tassanee dan Nishino) dan DOTC ( ada Leonor dan temannya). Huwaa.. senengnya… Kami diajak ke Manila Hotel yang ga jauh dari pelabuhan. Rencananya mereka mo  ngajakin liat sunset gitu deh.. tapi berhubung kitanya ngerasa “biasa banget” kalo sunset doang mah.. akhirnya kita minta diajak ketempat lain. Pas mau bergerak dari pelabuhan… eng ing eng.. oh no.. mobilnya mogok.. ga bisa di start. Sambil nunggu mobil diperbaikin, leonor ngajakin ke Jose Rizal Park yang ga terlalu jauh dari situ. Tempatnya kayak tugu pahlawan di Bandung dan di lapangan nya itu penuh dengan abg pacaran kyahahaha… once more… dimana-mana sama ajah… 
  • Puas muter-muter di Jose Rizal Park  ternyata pas balik ke parkiran, si mobil belum berhasil diperbaiki. Akhirnya perjalanan dilanjutkan dengan naik taksi. Mpit-mpitan gitu, satu taksi ber enam hahaha… Pas baru jalan berapa menit leonor di telp sama driver bilang kalo mobilnya udah oke dan disuruh janjian disuatu tempat biar dijemput. Hihihi.. bener-bener pengalaman seru. Di negeri orang, mobil mogok trus naik taksi mpit2an hahaha…
  • Pas nunggu mobil datang, aku, tassanee, nishino dan pak india nunggu di taksi, Leonor sibuk diluar sambil nelp2. Kita berempat didalam taksi ketawa-ketawa sendiri mbahas kejadian ini. Trus akhirnya memutuskan untuk langsung balik ke hotel aja begitu mobil jemputan datang. hihihi.. Jadi akrab dan hangat sama tassanee dan nishino karena pengalaman unik ini… 
  • Pas mobil dateng, kita bilang ke Leonor kalo kita udah sepakat untuk langsung balik ke hotel. Tapi karena merasa bersalah, Leonor tetap maksa kita untuk ngelewatin Makati City yang emang sebelumnya ada dalam rencana tempat tujuan kita hari itu atas permintaan dari Nishino.
  • Ya sud, karena maklumin posisi nya Leonor akhirnya kita setuju aja di ajak ngelewatin Makati City. Yaolo bo.. Manila itu macetnya lebih parah rah rah dari Jakarta. Parah buanget buanget lah…  mana suasana di mobil udah agak-agak gimana gitu.. Tassanee udah kelaparan, aku dan Nishino kecapekan dan si Pak India kayaknya udah emosi jiwa dan akhirnya diam aja.. Karena ga enak ama Leonor yang udah punya niat baik buat ngajak jalan, akhirnya aku coba buat mecah keheningan dengan nanya-nanya ke Leonor beberapa arti bahasa tagalog yang aku baca di toko2 yang  kami lewati yang ada padanan katanya dengan bahasa Indonesia. 
  • Yang bikin suasana agak mencair adalah pas akhirnya aku nemu tulisan SARAP 24 disebuah warung fastfood. Aku tanya ke leonor apa arti SARAP dalam bahasa Tagalog dan dia bilang artinya Delicious alias lezat. Waktu aku kasih tau kalau dalam bahasa Indonesia SARAP bisa diartikan Gila baru deh mulai ketawa2, trus Nishino juga melanjutkan dengan menceritakan persamaan kata dalam bahasa Jepang dan Thailand yang malah lebih seru lagi hehehe… Karena macet tadi di jalan berasa luamaaaa banget sampe ga berasa aku dan Nishino ketiduran.
  • Pas nyampe hotel, aku, tassanee, nishino dan pak India hiperbola pake acara salaman dan pelukan segala dalam rangka mengakhiri petualangan seru hari itu hahahaha…. sama errornya nih orang-orang… 
  • Malam itu adalah malam terakhir aku ketemu mereka karena besoknya adalah waktunya pulang. Selesai berpamitan dengan semua kami pun kembali ke kamar masing-masing. I’ll miss them..
  • Besoknya Leonor jemput aku di hotel untuk diantar ke Bandara, yang barengan aku ke Bandara adalah peserta dari Vietnam. Pas aku asik-asik cerita dengan Leonor tentang kejadian kemarin, keliatan banget kalo dia ngerasa kecewa karena ga diajak jalan-jalan hehehe… ya maap mas… hehe.. 
  • Sampe di Bandara, tiba-tiba ngerasa ga pengen pulang. Berat rasanya mau pisah dari Leonor yang baik banget itu. Ga nyangka aja liat leonor ampe mo nangis pas pelukan ama aku.  Huwaa… sedih… I’m gonna miss you too mam..
  • Oiya, pas check in bener aja bagasiku over. Kena charge sampe US$ 50. Tapi untungnya aku punya ide, aku pura-pura ga ngerti maksud si petugas chek in. Aku bersikeras kalo aku cuma harus bayar 20 peso hahaha.. lucu banget liat mukanya pas berusaha menjelaskan berapa yang harus aku bayar. Tapi aku cuek ajah… isengku kumat, mending pura-pura bego deh daripada musti bayar US$ 50 hahahaha… akhirnya dia nyerah, dia bilang kali ini dia kasih aku keringanan dengan membebaskanku over bagasi tanpa charge!! tapi lain kali ga boleh… hahaha… begitu dibilang free aku langsung bilang thanks, ambil boarding pass dan langsung ngeloyor… yang ada dia yang bingung kyahahahaha… lucu bener.. aku ampe sakit perut nahan geli.. hihhiihi.. 
  • Selanjutnya adalah perjalanan pulang, sama kayak pas pergi. Kali ini pun aku transit Hongkong lagi…  Oiya entah kenapa aku dapat boarding pass kelas bisnis untuk tujuan Hongkong-Indonesia, padahal pesennya kelas ekonomi loh.. hihihi… satu lagi faktor luck.
  • Jadilah aku menikmati fasilitas kelas bisnis yang lux itu selama 4,5 jam perjalanan Hongkong-Indonesia. Hmm… kue-kuenya wuenaaaak tenan… slurupph!! btw, maskapai yang aku naiki itu Cathay Pasific yang punya pelayanan nya super ramah. Enjoy me time deh judulnya mah.. hehehe… 
  • Nyampe Jakarta sekitar jam 8 malam, begitu dapat koper, cek paspor langsung cari musholla. Mau sholat isya, trus rencananya juga bakalan nginep di mushola karena penerbangan ke Medan besoknya itu jam stgh 6 pagi. Nanggung kalo musti balik ke Jakarta lagi. 
  • Nah… pas lagi mau tidur ada anak-anak yang setengah teriak manggil bapaknya bilang kalau ada peterpan. Pak ada peterpan pak… minta kamdig pak.. hah.. aku langsung on begitu dibilang ada peterpan. Dengan sok akrab aku nanya, peterpan nya ada siapa aja dek? trus dia bilang ada Ariel. Huwaaa… Ariel?? wah ga boleh disia-sia in nih… akhirnya aku pun heboh sendiri, nitip barang2ku ke ibunya si anak itu dan aku pun ikutan sama si anak2 abege itu ngejar Ariel kyahahaha… bodo amat!!! ga peduli bleh biar dibilang norak juga, yang penting mo foto ama Ariel, yang penting bisa bikin si mbak iri  hahahaha…
  • Secara itu udah malam dan suasana bandara sedang tidak rame, abis foto-foto aku sempat ngobrol2 juga sama si Ariel. Dia bilang dia mo ke Bali dan sempat curhat colongan katanya pikirannya lagi mumet banget. Hiyaa.. diriku sebagai mantan ratu gosip orang yang baik, langsung bilang trus kesana mo nenangin diri yah??  *padahal dalam hati sih pengen bilang, di Bali ada luna maya ya hihihi…*
  • Selesai beramah-tamah ama Ariel aku balik ke mushola dan langsung nelp mega. Bisa ditebak. dia langsung jerit-jerit ga jelas. Ada kali seribu kali dia teriak ADHE GA SOPAN!!!! dan aku menikmatinya huahahahahaha….  piss ah mbak….

 

 

The End

2 Comments

  1. gile…hebat lo dhe…..SALUTTTTT..

    tapi yg bikin minus nich dhe….jejeritan ketemu ariel…gak bgt dach..hehehehe

    tapi yg oke…yg dgn sukses bisa nipu petugas check ini di manila…..

    hehehhe

  2. Jadi ceritanya sudah balik ke Banda Aceh ini?

    Errr…. ada oleh-oleh lain dari manila? 😛

    *ngarepdotcom* :mrgreen:


Leave a Reply

