Skip navigation

Bagian Pertama

Wew, ternyata udah lama juga yah blog ini mati suri karena yang punya blog kena plurkholic syndrome.

Hmm.. buat yang belum kenal plurk sebaiknya jangan mencari tau apa itu plurk. Jangan pernah klik link ini deh pokoknya..

yah dibilangin jangan di klik ūüė¶

bukannya kenapa2, aku ga nanggung kalo kalian nantinya jadi nyandu dan stay tune terus di plurksphare Karena plurk itu racun duniaaaa *cangcut mode on*

Udah ah ngomongin plurknya *padahal emang sengaja biar get karma more hihihi..*

Sekarang sebaiknya aku cerita tentang perjalanan seorang pns katro yang dapat tugas dinas ke luar negeri.

*ayo semua duduk yang rapih*

Seperti yang sebelumnya aku ceritain, akhirnya dinas keluar negeriku itu jadi juga. Ya emang ga jauh-jauh sih, cuma ke Manila. Tapi pengalaman mulai dari pertama kali dapat gosip dari sekretaris terus beneran jatuh disposisinya ke aku sampe tetek bengek ngurusin persiapan berangkat emang bener2 jadi pengalaman yang berharga buat seorang pns katro kayak aku, Ini dia ringkasan nya:

  • pertengahan juli aku dapat gosip dari sekretaris kantor kalo dia baru aja terima fax dari Jakarta yang minta personil dari kantorku¬†guna menghadiri workshop mengenai penanggulangan bencana di Manila. Penyelenggaranya Asia Pasific Telecommunity (APT). ¬†Agak ga yakin kalo bakal ada yang dikirim sama si bos secara dia kan angin2an gitu.
  • beberapa hari setelahnya si bos yang moodnya lagi bagus mendisposisikan undangan itu kepadaku.¬†Senang dong.. Kapan lagi, Luar Negeri gituloh… ¬†Sampe sini aku mikirnya oh ok.. asik luar negeri.. ah palingan 3D (datang duduk diam) trus ntar bikin report. Gampang!!!
  • Untuk beberapa saat aku menyibukkan diri dengan bertanya ke temen2 di Jakarta yang pernah dapat tugas abroad. Secara garis besar ¬†emang tampak menyenangkan walau untuk kasusku, waktunya emang ga ngenakin banget. Pas bener ama lebaran an ūüė¶ ¬†Tapi gapapa, sekalian nyobain lebaranan di negeri orang. Toh, ini bukan lebaran pertamaku ga bareng keluarga. Beberapa tahun yang lalu¬†aku juga pernah ngalamin hal yang sama.¬†
  • Setelah melengkapi form yang diberikan dan mengirimkan kembali ke Jakarta,beberapa hari kemudian aku dihubungi mengenai kepastian¬†keberangkatanku karena dari pihak panitia APT (yang ternyata di Bangkok) setuju kalau aku menjadi participant di Acara itu. Selanjutnya aku pun¬†mengirimkan berkas2 untuk pengurusan dokumen. Semuanya di bantu oleh Mr.Pman (tentu saja ga free dong ah) dan aku tinggal tau beres. Enaknyaaa…
  • Minggu berikutnya,APT menghubungiku via telp ke kantor. Kaget dong, ngomong aja ampe belepotan hihihi… ¬†Mereka nelp ternyata ada mau nya, dan mau nya ini bikin aku shock sampe (hampir) nangis di telpon. kenapa? ¬†Karena mereka minta aku jadi pemateri dalam acara itu.¬†Saat aku bilang: ¬†I think I’m not ready to talk in public and giving a presentation sir, I’m afraid I’ll dispointed you, so can you think it more?¬†Is it a must? is it a must sir? ¬†dan dia cuma jawab. ¬†Yes It is a MUST and I think with your educational background, you have a compentence to do it. So prepare yourself!!¬†OMG!! ternyata aku di approve karena alumni STTTelkom, alamak… ¬†The problem is Adhe itu Presentasi dalam bahasa Indonesia aja masih belepotan gimana pake bahasa Inggris..¬†Langsung teringat waktu aku presentasi TA jaman kuliah dulu, kata mereka yang sempat datang, aku pake acara lompat2 dan mimik mukaku ekspresif ¬†berlebihan. Lebayyy.. Ga banget lah pokoknya… (hmm… iya sih dapat A.. tp kan.. ah.. Singkat kata.. judulnya HARAKIRI!!! )¬†Shock terapi ini sempat bikin aku stress ampe pake acara demam segala hihihi… *namanya juga katro*¬†Dan selama masa2 stress ini,alhamdulillah aku punya teman2 hebat yang malah lebih yakin dengan kemampuanku dibandingkan diriku sendiri *jadi malu*
  • Setelah pembicaraan via telp itu, aku berhubungan dengan panitia by email.¬†Dan selama proses balas2an email, Mbak me punya peranan penting (ah iya,mila dan yuyun juga..) karena aku yang sangat tidak pede ¬†ini¬†selalu minta tanggapan mereka atas konsep email yang aku buat (ketauan grammarnya buruk he..) sebelum aku kirimkan ke panitia.¬†Very big thanks to them *muah muah aku doakan kalian dapat arisan bulan ini, looh???* ¬†Oiya, dari sini aku dapat info kalau pemateri nya rata2 emang bener2 orang yang expert dibidangnya.¬†Dari list ini mungkin kalian yang baca jadi bisa semakin maklum kalo stress nya aku kali ini sangat sangat beralasan.¬†Pakistan: Direktur telkom;¬†Myanmar: Dirjen Postel;¬†Philippina : Sekditjen Postel, Direktur Smart telecom;¬†Jepang: Deputy Manager, Direktur Kelembagaan Internasional, Head Region TV Broadcast dll (ada beberapa);¬†Vietnam: Engineer yang juga dosen;¬†Malaysia: Senior Manager ;¬†Thailand: Vice president Thai telecommunication;¬†India: Direktur Motorola;¬†Indonesia: engineer tukang chatting, blogger dan sekarang tambah gelar plurkholic¬†*siapa gue gitu diantara orang2 hebat ituu??* ¬†What a night mare!!
  • Disaat yang sama dengan aku stress untungnya adalah ramadhan, jadi se stres2 nya pelampiasannya jadi bagus. Tadarussan.. ¬†bikin hati tenang, dan jadi sadar kalo mereka yang di list itu juga manusia sama kayak aku, cuma punya pengalaman lebih aja¬†dan bukankah selalu ada yang pertama? Dan kalo emang sekarang saatnya, kenapa harus mundur.¬†Toh allah udah janji kalo DIA ga mungkin memberi cobaan diluar batas kemampuan umatnya. So kalau emang jalan nya lancar, ga ada alasan¬†untuk mundur. Bismillah, Allah pasti bantu. What will be will be… ¬†bener kata si Bapak Just Prepare yourself, alias ikhtiar…
  • Dengan perasaan kayak gitu bebanku jadi terasa lebih ringan, kalo udah mikirin list langsung ingat aku punya backing yang lebih hebat dari apapun,¬†so kenapa juga harus takut hehehe… aman deh.. jadi persiapan untuk materi presentasi pun berjalan dengan cukup lancar. Alhamdulillah…
  • Singkat cerita, Ga kerasa akhirnya waktunya datang juga, padahal dari terima kabar sampe hari H itu 2,5 bulan an loh… waktu cepat berjalan..¬†
  • Tiket udah ditangan dengan rute: Banda Aceh-Jakarta-Hongkong-Manila-Hongkong-Jakarta-Medan-Banda Aceh.¬†
  • Sebelum ke Manila aku sengaja lebihin waktu di Jakarta 3 malam biar bisa latihan ¬†presentasi ama sepupuku yang juga udah pengalaman tugas ke LN.¬†Bukannya langsung belajar, begitu nyampe, aku malah diajakin jalan-jalan ke mall baru di daerah senayan untuk maen perosotan hehehe…¬†Jadi ternyata di senayan itu ada mall baru namanya fx mall, buka 24 jam dan didalamnya ada fasilitas game perosotan dari lantai 7 ke lantai dasar.¬†Asik deh, suer.. Bener2 sarana yang pas buat tereak2 di kala hati dan kepala sedang ada beban. ¬†Makin sempurna acara jalan2 malam itu karena ditutup dengan nonton Laskar Pelangi, ngeliat lintang jadi makin terpacu untuk do my best!!¬†Jadi ingat kata2 ayah “anak ayah ga ada yang bodoh, ga ada yang cengeng…”
  • Balik dari jalan2 malam itu sekitar jam 12 malam, praktis ga mungkin lagi untuk belajar. Besoknya diniatkan untuk belajar seharian penuh tapi tetep ga bisa karena¬†tergoda cerita lisa tentang mall baru Grand Indonesia di daerah HI *halagh, padahal yang namanya mall yah paling gitu2 doang yak :(*

 

bersambung….

5 Comments

  1. akhirnya dhe..muncul juga..gw gak sabar nunggu lanjutan ceritanya…yg penting lo masih posting disini berati sukses di manilanya…hmm mampir di HK juga….bakal keren juga foto2nya nech…..

    *gw gak bakal ngeplurk*

  2. ditunggu kelanjutannya dhe….

  3. kerennnn… saluuuuuuuuuuuutttt.. i’m proud of you, dhe *big hug*

  4. @ anno
    he eh,akhirnya bisa update lagi blog nya…
    plurk emang racun, jangan dicoba lah pokokna mah..

    @ petroek
    weits.. ternyata ada rekan yang mampir kesini juga.. makasih.. tuh lanjutannya udah ada..

    @ mila
    ah mila…
    proud buat apa?? *blush*
    semuanya biasa aja, nothing spesial..

  5. wakakakaka,,,katro tapi dah ke pilipin inih…hihihh…ko ada ariel peterpunk yak, jangan2 dia punya kembaran di pilipin ..wekekekeke….link back ke blog ku jeng


Leave a Reply

