Skip navigation

Mencari KPR yang sesuai kebutuhan ternyata ga gampang yah..
udah sebulan ini aku coba mempelajari seluk beluk mengenai per-KPR-an.
Mulai dari baca-baca thread mengenai KPR di forum, blog, web, pengalaman teman sampai bertanya langsung ke Bank-Bank yang bersangkutan.

Ceritanya, (masih) dalam rangka mewujudkan impian before30 :-D, aku memutuskan untuk berinvestasi di bidang property. Pilihannya antara beli tanah atau beli rumah. Setelah menimbang untung ruginya, akhirnya aku memutuskan untuk beli rumah aja biar bisa sekalian menghasilkan juga karena emang niatnya nanti buat dikontrakkan.

Kebetulan, akhir tahun lalu saat di Medan sedang ada pemeran perumahan dan dari iseng-iseng melihat pameran itu akhirnya aku jatuh cinta pada salah satu developer perumahan yang menawarkan bentuk rumah minimalis dengan harga yang cukup masuk akal untuk seorang PNS seperti aku. Untuk permulaan, pembayaran DP sebesar 20% dari harga rumah dan boleh dicicil selama 6 kali, selanjutnya baru akan di handle oleh KPR.

Nah, karena di bulan ke-6 ini Alhamdulillah DP nya udah lunas jadi sekarang saatnya untuk mencari KPR yang sesuai. Rada serem juga kalo baca pengalaman yang udah pernah ber-KPR (lihat aja komentar di forum yang aku link diatas). Kebanyakan dari mereka merasa tertipu dengan bunga rendah yang ditawarkan saat masa promosi. Dari sini aku memutuskan untuk mencari KPR dengan bunga flat aja biar aman dan tidak bergantung pada BI rate yang bisa berubah sewaktu-waktu (iya kalo turun… nah kalo naik terus gimana?).

Dari hasil pengamatanku, ada banyak juga Bank yang menawarkan sistem flat rate, contohnya Bank Pembangunan Daerah dan semua Bank berbasis Syariah. Di Bank Syariah menggunakan sistem Murabahah untuk pembiayaan KPR. Sistem Murabahah ini menggunakan akad murabahah yakni akad jual beli antara bank dan nasabah, dimana bank membeli barang yang dibutuhkan dan menjualnya kepada nasabah sebesar harga pokok ditambah dengan keuntungan margin yang disepakati.

Untuk saat ini sih sudah ada 2 bank syariah yang masih akan aku jajaki lebih lanjut sebelum memutuskan untuk memilih yang paling sesuai kebutuhan. Mudah-mudahan pilihanku nanti tepat ya. Amiin..

Mohon doanya agar semua berjalan lancar…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: