Skip navigation

Beberapa minggu belakangan ini entah kenapa tiba-tiba aku suka keingat dengan Della, sahabat baik jaman SMP dulu. Hmm… sebenernya hubungannya udah ga sekedar sahabat sih, karena Della tu udah kayak saudara kembar aja. Dia manggil aku adek jelek dan aku manggil dia nenek udel. Keluargaku semua sayang ama Della.

Della itu anak yang pintar, waktu SMP dulu dia selalu jadi juara kelas, jauh sekali kalo mau dibandingin dengan aku yang sudah sangat berbangga hati jika bisa ada di 6 besar. Kepintarannya terus berlanjut hingga SMA dan kuliah. Dia masuk ke SMA favorit sedangkan aku hanya keterima di SMA pinggiran nan ndeso. Dia berhasil masuk ke FK di PTN dan sekarang sudah berhasil meraih gelar Dokter dalam waktu yang hampir bersamaan denganku yang “hanya” menjadi Sarjana Teknik di PTS. Walaupun begitu, tidak ada yang berubah dari hubungan persahabatan kami. Masih sama hangatnya dengan masa SMP dulu walau dalam frekuensi yang sudah jauh berkurang.

Pagi tadi, sebuah sms masuk ke inbox hp ku.

Oi.. p kbr dek..? Msh idup..? Della ni..

Baik nek, dimana kau? Kok nomor wilayahnya bukan Indonesia?

Aku di Penang, udah 2 bulan disini.. Bawa emakku brobat, dia kena kanker otak stadium lanjut lagi (tp dia ga tau). kami lagi berjuang melawan kankernya disini… Operasi.. kemo.., sinar x…

Innalillahi.. Ya Allah… Sabar ya nek.. Kapan ketauannya? Terus kerjaanmu gimana?

Aku udah ga peduliin kerjaanku.. Tapi untungnya kawanku semua dukung.. Aku di cover 2 bulan (makan gaji buta), tapi ni bulan ke 3 aku harus ambil cuti karena alasan penting.. Disini RS nya spesial kanker jadi kita lebih kuat karena jumpa teman senasib.. tapi disini kayak didunia alien, orang2nya pucat2,kurus2,botak,bengkak2 karena kanker.. Aku aja nangis pas pertama kali kesini

Ga kebayang aku nek.. Kalo aku udah ga kuat kali… Mamakmu emang ga curiga? Keadaannya sekarang gimana? udah ada perubahan belum?

Kami bilang dia tumor otak, kecil aja dan ga ganas tapi karena di otak tetap harus di kemo dan sinar. Dia senang2 aja, bagi dia disini dia orang yang paling beruntung karena yang lain ganas, dia jinak,. Padahal dia yang terganas. Secara medis kalau ga diobati 2 bulan aja umurnya, diobati tambah 1-2 tahun. Aku udah kompakan ama dokternya supaya dia ga tau. Aku pake bahasa Inggris kalo ngomong.

Ooo gitu… kayaknya emang kalian harus mbesar2in hatinya ya del, buat dia tetap semangat karena kalo aku pikir sih, keinginan buat hidup itu yang penting. Btw disana ama siapa? Jaga kesehatan.. jangan sampe sakit ya… aku bantu doa dari sini. Mudah2an terapinya berhasil.

Yup, aku ama leo nih.. makasih ya adek jelek…

Pagi yang menyedihkan… si airmata jatuh tanpa diminta.

Aku bisa bayangkan gimana perasaan Della sekarang. Mamaknya adalah satu-satunya orangtua yang dia miliki setelah Papa nya meninggal dalam kecelakaan mobil saat dia masih SD. Mamaknya yang selalu setia mengantarkan semua anak-anaknya menuntut ilmu dengan motor, rela berpanas-panas demi memastikan anak-anaknya mendapatkan yang terbaik. Ibu yang sangat telaten. Yang pernah aku musuhin karena aku yang hanya sekali-kalinya ada di Medan setelah kuliah di Bandung ga dikasih maen ama Della yang dipaksa belajar untuk ujiannya yang masih 2 minggu lagi (padahal didalam text book yang dibawanya kemana-mana itu, aku tau Della menyelipkan komik untuk dibaca).

Ya Allah.. sembuhkan dia… Kuatkan hati Della… Beri keajaibanmu ya rabb…

Ps: Hari ini 5 tahun yang lalu, aku menyamakan status sebagai anak yatim seperti Della (yang hari itu aku ingat memelukku dengan sangat erat dan lama saat kami bertemu). Seakan ingin bilang “dek, aku jadi anak yatim 2 kali“. Iya.. karena dia emang udah anggap Ayahku sama seperti Bapaknya sendiri…

Sudah 5 tahun. Kehilangan seorang Ayah sekaligus sahabat terbaik, yang bisa menenangkanku bahkan tanpa kata-kata. Hanya dia yang bisa…

God, I miss him…

2 Comments

  1. Amiin. Semoga diberikan yang terbaik untuk keluarga sahabatmu della dhe….

    Kirain Della istrinya irfan hakim 😀

    • adhe
    • Posted June 17, 2008 at 14:24
    • Permalink

    Della istrinya irfan hakim baek-baek aja kalee…
    lagi bahagia abis melahirkan…


Comments are closed.

