Skip navigation

Di Banda Aceh dan Medan 2 hari terakhir ini sedang dibuat resah dengan isyu panggilan dari nomor Hp 08666… berdisplay merah yang konon dapat menyebabkan kematian (baca: pembunuhan jarak jauh).

Hasil pinjem Hp temen, ternyata sms tersebut bunyinya adalah:

“Kalau ada nomor handphone dengan nomor 0866 dan 0666 atau yang berwarna merah memanggil masuk, jangan diangkat. Soalnya, di Jakarta dan Tanjung Balai Karimun sudah ada yang meninggal gara-gara mengangkatnya. Konon ada orang yang sedang mengetes ilmu hitam. Jangan lupa sampaikan kepada keluarga. Batam dan Brunai sekarang lagi heboh..”

Pertama kali tau berita ini siang kemarin saat salah seorang teman menanyakan kepadaku kemungkinan terjadinya pembunuhan jarak jauh melalui Hp bila dilihat secara teknis.

Karena informasi yang aku terima masih samar-samar dan kebetulan juga tidak ada juga teman yang iseng mengirimkan sms tersebut, lalu aku menjawab spontan ” TIDAK MUNGKIN, aku ga akan percaya info semacam itu” untuk pertanyaan tersebut. Logikanya simpel aja. Misalnya gini, Hp tiap orang kan beda-beda, masa’ iya jenis Hp jadul display item putih sekonyong-konyong bisa menampilkan display merah jika di call oleh si 0866 itu? kan ga mungkin.

Walau… sepintas sempat terlintas diotakku, apa mungkin ini ada hubungannya dengan NAMRU2? (hmm…)

Sorenya, akhirnya aku terima sms juga menyangkut isyu heboh itu dari adikku rini. Isinya:

<forwarded from+6285260xxxx>

Mengenai “Ring in Red” yang terjadi di banyak negara, Kepdik WHO telah menyatakan bahwa kejadian tersebut bukan ulah ilmu hitam. Tapi radiasi inframerah yang sengaja dipancarkan secara berlebihan ke hp no yang dituju, yang memang benar dapat menyebabkan penerima tewas beberapa saat setelah mendengar telp. Walaupun tidak dijawab, hp yang terletak dekat juga berbahaya, dapat menimbulkan penyakit perlahan seperti kanker. sebaiknya kurangi pengaktifan hp sampai dinyatakan aman. Ksh tau yang ke yang lain, besok merupakan puncaknya. Mohon 1 hari Hp jangan dihidupkan.

Betul ga kak? Antisipasi besok jangan hidupin Hp dulu ya kak..

Halagh… ternyata adikku jadi korban pengiriman sms juga… he.. sms nya ga aku balas.. tapi dalam hati berterimakasih atas perhatiannya yang mengingatkan agar berantisipasi dengan cara matiin Hp agar kakaknya ini tidak tewas (kekekeke…).

Tapi maaf ya adikku sayang, Kakakmu ini tidak mau terikut isyu murahan kayak gitu, lagipula Hp kakakmu ini butuh stand by karena dipakai untuk menunggu konfirmasi calon peserta konsultasi publik dan sosialisasi, jadi tidak akan kakak matikan…. (titip cium untukmu.. mwuuuaaaah…)  🙂

Hari ini aku dapat info dari temen yang bilang bahwa sudah ada korban dari Kabupaten Bireuen. Trus di radio ada wawancara langsung nya gitu dari keluarga korban. Karena dari awal aku udah ga respek sama isyu ini, aku pun ga minat untuk ikut mendengarkan, entahlah apa yang mereka bahas tapi menurutku tetep ga penting… aku masih punya segudang urusan dan kepusingan dengan tetek bengek sosialisasi.

Yah… Apapun itu….

Yang pasti, aku miris dan prihatin dengan kejadian-kejadian seperti ini, masyarakat mudah sekali di provokasi, dipengaruhi dan diracuni dengan informasi-informasi tidak jelas dan tidak bertanggung jawab. Semakin menggambarkan potret kecerdasan rata-rata masyarakat kita.

Hiks T_T

OOT: Om Bill Gates ke Indonesia hari ini ya? Mo ngapain sih?

Advertisements

6 Comments

  1. No comment soal berita itu. liat aja hoax bisanya awalnya ada kata2 hati2, awas dan jangan lupa sampaikan…..

    Kalo Bill Gates itu kesini mau nyoba pake baju batik dhe… cocok ngga ma dia malah mungkin mau kulakan hahahahaha

  2. sebenernya bener gak c? bingung aku….
    lagi penasaran, n ngiter2 malah ada yang bilang kaga bener dsb, kalau aku percaya itu infrared, tapi aku bari di sanksi in sama orang, katana aku salah….
    yang mana yang bener????

  3. salah semua…! jawabannya yg bener adalah mungkin. tapi bisa jadi bukan infra red. mungkin km belum tahu kalo sinyal dengan frekuensi tinggi dengan daya yg tinggi bisa membunuh orang. Itulah mengapa orang yg berada dibawah bts bisa pusing2 dan mual2 karena daerah sekitar bts pasti memiliki daya db yg sangat tinggi supaya bisa menjangkau cover area hingga 10-30km. Jika km tidak percaya, coba saja bandingkan ini:
    1. sentuhkan tangan anda ke tabung tv yg memiliki tegangan hingga 25rb volt, dan…
    2. sentuhkan tangan anda ke jaringan gardu PLN pusat yg tenganngan juga tinggi…
    hasilnya, yg pertama anda tidak mati, yg kedua anda sudah mungkin pasti mati. kenapa?karena yg tabung tv ampere-nya kecil, sementara pln ampere-nya besar.

    jadi masuk akal kan?
    gak percaya juga?
    coba ini:

    tinggalkan remote mobil km dirumah, trus bawa mobil agak jauhan dari rumah. minta orang rumah telpon ke hp kamu dan minta remote mobilnya dideketin ke hpnya trus aktifin remotenya. sebelum diaktifkan remotenya, deketin hpmu ke mobilmu, trus minta dia aktifin. hasilnya??? mobilmu bisa unlock/lock sendiri….nah loh, jadi percaya kalo yg bisa dikutkan ke hp itu bukan hanya frekuensi vokal manusia yg harusnya cuma antara 3-6khz saja???
    celakanya kita tidak tahu hp yg dipasaran ini bisa menampung hingga frekuensi sampe berapa. melihat bisa sampe membunuh orang, artinya frekuensi yg dipancarkan sangat tinggi, mungkin bisa sampe 1900 Mhz(sesuai jalur gsm) kalo frekuensi gini dipancarkan dengan watt yg gede, udah jelas bisa mampus tuh orang. at least mual2, pusing. kalo gak cepet dijauhin hpnya bisa koitlah…

    so konklusinya itu bukan santet. hare gene masih maen santet, payah looo….

    kalo masalah hp jadi merah itu ya harusnya karena frekuensi terlalu tinggi hp jadi gak kuat menerima dayanya sehingga jadi merah dan bisa dipastikan juga panas, makanya ada kasus yg katanya meledak segala…

    gituloh mas…

  4. wah… Gw juga se7.
    Qt sebagai warga negara Indonesia, jangan mudah dipengaruhi dengan isu2 spt itu.
    Siapa tau itu ber-7an menjatuhkan si 0866…… & 0666…… saja.

  5. Pagi ini 13Mei 2008 di Nuansa Pagi RCTI ada berita tentang terungkapnya sumber penyebaran berita bohong ini.

    Pelakunya adalah Remaja ABG asal Pangkal Pinang yang mengarang sms tersebut dan mengirimkannya ke temennya di Jakarta dengan alasan ISENG.

    Trus ada wawancara juga dengan AXIS, si operator baru yang juga kena imbas dari isyu ini karena diduga sebagai operator yang memiliki nomor panggilan 0866xxx. Klarifikasi dari Axis adalah bahwa nomor panggilan Axis bukan 0866 tetapi 0831xxx 08132xxx 0833xxx dan 0838xxx…

    Ada juga wawancara dengan Pak Gatot S. Dewa Broto selaku Humas Postel-Depkominfo yang dengan tegas menyatakan bahwa panggilan melalui Hp tidak berbahaya karena seluruh perangkat komunikasi dan frekuensi yang ada di Indonesia telah melalui proses standardisasi dan ULO sebelum dipasarkan ke masyarakat. Jadi tidak perlu ada kekhawatiran untuk hal tersebut.

    Begituuuuu teman-teman….

    ada yang belum jelas???
    *hayo tunjuk tangannya…*

  6. nak percaya ke tak cerita ini??????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: