Skip navigation

udah cukup lama juga ya setelah pengalaman main ke dapur yang pernah aku tulis disini.

Yup, ceritanya gara-gara pas ke Medan bulan lalu aku beli kompor gas portable buat di kos an jadinya sejak 3 minggu lalu rasa ingin bereksperimen dalam memasak muncul lagi.
Selanjutnya bisa ditebak, aku pun mulai berkesperimen.
Yah… emang bukan masakan berat semacam gulai, rendang dan sejenisnya sih..
sebagai amatir, eksperimenku hanya pada sayuran dan yah pinkcekers pasti tau deh masakan andalan ku…  SARDEN. (dilarang ketawa!!)

Minggu lalu aku mencoba memasak tumis kangkung pake udang dan tauco.
Ga pake liat resep, pake feeling ajah (huhuy gas sihh..) plus modal bumbu dan bahan2 yang ada di kulkas.
Tapi hasilnya slurruuupppph…
enyaaak banget…

Setelah kekenyangan aku nelp si mbak untuk mengabarkan keberhasilanku dan dengan suka cita aku menceritakan padanya bahwa aku tak pernah menyangka kalo aku begitu berbakat dalam hal masak memasak ^__^V
Bisa ditebak, si mbak dengan sukses muntah-muntah mendengarkan ceritaku hahaha…
dan hal yang sama terjadi pula dengan nyit-nyit keesokan harinya saat aku menjelaskan maksud status “sangat berbakat” di y!m 😀

Nah… karena hasil yang kemarin ga sempat diabadikan sementara nyit-nyit minta bukti otentik (halagh), maka kemarin aku ulang lagi masak menu yang sama seperti minggu lalu. Berhubung males ke pasar, maka lagi-lagi aku pun cuma bermodal bumbu dan bahan2 sisa minggu lalu (baca: tomat tinggal satu dan kangkungnya sudah kering kerontang kekeke..) Bodo amat lah, toh kalo aku emang berbakat dan bertangan dingin apapun yang aku olah pasti akan yummy kan?
Jadi mari kita buktikan!!

Dan ini dia hasilnya…
Tarrraaaa!!!!!

Tumis kangkung tauco terasi udang menggugah selera ala adhe

Bahan: 2 ikat kangkung sisa minggu lalu yang udah kering kerontang, bawang merah secukupnya, bawang putih dikit aja, cabe kalo mau pedas banyakin, tomat secukupnya sisakan dikit buat sarden, lengkuas dikit aja, udang segar secukupnya, 1 sendok makan tauco, saos rawit botolan secukupnya, garam, kecap manis dikit aja, minyak sayur secukupnya.

Cara membuat: iris  bawang merah, bawang putih, cabe merah dan tomat, geprak lengkuasnya. Panaskan minyak sayur, masukkan bahan irisan, tambahkan saos rawit, udang dan tauco. Tambahkan air sedikit tumis sampai semua bahan tanak. Setelah tanak dan wangi masukkan kangkung,tambahkan air dan garam secukupnya.  Tunggu beberapa saat sampai kangkung terlihat layu. Lalu siap disajikan.

Sarden asyik nikmaaaat tiada tara ala adhe

Bahan: 1 kaleng kecil ikan sarden, bawang merah secukupnya, bawang putih dikit aja, cabe kalo mau pedas banyakin, tomat sisa tumis kangkung, daun salam 1 lembar, lengkuas dikit aja, saos rawit botolan secukupnya, garam, minyak sayur secukupnya.

Cara membuat: iris  bawang merah, bawang putih, cabe merah dan tomat, geprak lengkuasnya. Panaskan minyak sayur, masukkan bahan irisan, tambahkan saos rawit dan daun salam, tambahkan air sedikit tumis sampai semua bahan layu. Setelah layu dan wangi masukkan ikan sarden dan tambahkan air dan garam secukupnya.  Tunggu sampe air sedikit berkurang lalu siap disajikan.

Goreng tempe plus kerupuk sebagai pelengkap

Cara membuat: potong tempe kecil lalu cuci. Tambahkan tepung bumbu serbaguna dan goreng hingga matang. 😀

Masalah rasa jangan ditanya, semuanyaaa enyaaaak.. bahkan si kangkung kering kerontang itu tidak mengurangi kenikmatan tumis kangkung tauco terasi udang menggugah selera.

Tuh kan.. aku memang berbakat… huhehehe…

Tertarik??
Silahkan mencoba, jika ada keluhan setelah mencoba resep yang aku share ini, silahkan hubungi ugd terdekat!

3 Comments

  1. Hua Adhe ayo belajarlah sebanyak banyaknya biar tidak gasak (gagap memasak) seperti diriku…..
    Hiks jadi kangen pasar Gondangdia kekekekeke

  2. ya Allah.. *ngakak sambil nunjuk2 poto, ngasih liat ke temen di meja sebelah*
    adhe… adhe.. kirain masak apaan 😀
    ganti dong menunya, mosok dari kuliah ampe skrg.. sarden lagi.. sarden lagi.. :))

  3. #1
    iya nih…
    jadi inget dulu, mau masak tapi males giling bumbu
    malah punya ide dahsyat si bumbu halus yang harusnya digiling mjadi mau diiris2 aja…
    untung nemu tukang bumbu yah nong kekekeke….

    #2
    Huwaaaa..
    mila ih tega banget ih…
    dibilangin dilarang ketawa T_T

    Namanya juga usaha… huehehehe…
    william wongso wannabe nih mil *nunjuk pasti kediri sendiri*
    **KABURRRR…**


Leave a Reply

