Skip navigation

Opung adalah bahasa yang digunakan oleh suku batak yang berarti nenek/kakek. Saat ini, dari 4 opung yang kumiliki, hanya 1 saja yang masih hidup yaitu opung perempuan dari pihak mamak. Aku biasa manggil beliau dengan sebutan opung regar, karena opungku adalah boru Siregar. Opungku ini sudah cukup tua, usianya akan genap 82 tahun, tanggal 24 november besok. Tapi kemampuan fisiknya masih sangat luar biasa, dia masih bisa mengerjakan seluruh pekerjaan rumah mulai dari nyapu halaman sampai masak. Yang paling aku kagumi dari opungku ini adalah beliau selalu positif thinking terhadap segala sesuatu yang terjadi. Sabar dan jarang mengeluh.

Tahun ini, opung berkesempatan pergi haji untuk kedua kalinya, setelah haji yang pertamanya sekitar 20 tahun yang lalu. Pergi haji kali ini bertujuan untuk menghajikan opung laki-laki ku yang sudah meninggal 22 tahun yang lalu. Kemarin aku sengaja pulang ke Medan untuk mengantarkan opung, dan sempat juga menemani beliau berziarah ke kuburan opung laki, sepanjang pulang opung bilang kalau dia senang sekali bisa berziarah dengan cucunya. Sedih juga, karena kalau dipikir-pikir emang kesempatan seperti itu jarang sekali terjadi atau bahkan belum pernah terjadi sejak aku mulai “bertualang”.

Semalam, saat akan pamit pulang aku melihat tatapan opung yang sedih dan seakan ga rela aku pergi. Kami berkali-kali berpelukan erat sekali hingga ga terasa air mataku jatuh dan kulihat opung juga nangis..

Aku cuma ingin opung bisa pergi dengan selamat, sehat selama berada disana dan bisa dipertemukan kembali…

Opung.. I do love you…

Leave a Reply

