Skip navigation

(mungkin) jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan menunjukkan betapa belum siapnya aku untuk menjadi seorang ibu..

pertanyaan ini datang dari dua orang keponakanku, minggu lalu, saat aku berkunjung kerumah mereka.

keponakan 1:

memintaku membantunya untuk mengerjakan tugas bahasa inggris mengenai kegiatannya sehari-hari selama bulan ramadhan. Aku menyarankan untuk membuat dalam bentuk tabel dan mengaturnya berdasarkan waktu. Jadi jelas jam segini ngapain jam segitu ngapain. Pertanyaan muncul saat dia bingung apakah kegiatan mandi diletakkan setelah sholat subuh atau sebelum sholat subuh. Aku menyarankannya untuk menuliskan apa yang sehari-hari dilakukannya (tentunya mandi dilakukan pagi hari atau sesudah sholat subuh). Dan saat itulah pertanyaan itu muncul. “Tapi kak, ayah sama mamak biasanya mandi sebelum sholat subuh”. Nah lo… Jawaban yang muncul saat itu adalah “ya… mamak sama ayah kan udah gede, jadi tahan sama dingin” (hiks.. sumpah aku ga tau harus jawab apa lagi)

keponakan 2:

Pertanyaan ini muncul karena aku tidak pernah terlihat sedang melaksanakan sholat dan malah ketahuan saat sedang minum di siang hari (emang saat itu aku sedang haid). Dengan manisnya keponakan 2 ini bertanya

“kak, kakak agamanya apa??”

“islam sayang, sama kayak kamu..”

“trus kenapa kakak ga sholat dan ga puasa??”

“(mulai bingung).. hmmm… karena kakak sedang sakit..”

“masa sih??”(dia ga percaya karena penampakanku yang sehat wal’afiat)”

“iya.. nanti klo kakak udah sehat kakak puasa lagi”

“kapan kakak sehatnya?”

“mungkin besok atau lusa, insyaallah…”

“kak, kalo kakak sakit dan ga kuat puasa 1 hari, setengah hari aja kak kayak adek…”

gubraakk!!!!

5 Comments

  1. emang di aceh dingin ya??
    prasaan panas deh..mandi tengah malem juga gpp kali…

    hehhehe…

  2. udah dibilang ga tau mo jawab apa lagi :p, untung abis itu anaknya diem, kalo dia nanya lagi makin bingung deh… hehehe..

  3. kalo untuk nomor 1.. hihi. nyerah deh.
    kalo nomor 2 sih mending dikasih tau apa adanya dhe. dengan bahasa segamblang mungkin. sekalian pendidikan reproduksi dan fiqih gitu. hehe…

  4. ga kepikiran mil, soalnya baru pertama kali dapat pertanyaan kayak gini dari anak kecil. Dadakan pulak…
    Yah dijadiin pelajaran aja, biar lain kali lebih siap klo dapat pertanyaan yang sama hihihi…

  5. wekekekek…untung bukan gw yg ditanya mendadak dhe 😛
    tp gw setuju sama si milo,question no.2 emang dijawab apa adanya aja 😀 tp gw salut jg ma lo,untuk question no.1 bisa mendadak jwb gituh,klo gw jwb apa yah…xixixi..


Leave a Reply

